Tips Memilih Istri ala Rasulullah Part 1

Respons: 0 komentar
istri solehah
Segala puji bagi Allah ta’ala. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, keluarga dan sahabat beliau. Tanpa berpanjang lebar. Langsung saya akan paparkan hadits-hadits yang berisi tips bagaimanakah seorang pria memilih wanita yang hendak dijadikan istri. Check It out!!!

1. Istri yang Shalihah

Tips Pertama dan utama tentu mencari wanita yang shalihah . Kaum hawa yang senantiasa berusaha memenuhi hak Allah dan juga hak manusia dengan berbagai macam jenisnya. Mengenai tips ini Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda  ( artinya ) : pilihlah ( wanita ) yang agamanya baik niscaya engkau akan beruntung ( HR Muslim no 1466 )

2. Istri yang cantik, bernasab baik, dan kaya

Jika terkumpul pada diri seorang wanita keshalihan, kecantikan, nasab yang baik dan kekayaan. Jika anda mampu maka jangan ragu untuk menikahinya. Tapi ingat yang utama adalah keshalihan.
Terkait hal ini beliau Shallallahu alaihi wa sallam bersabda  ( artinya ) :
wanita dinikahi karena 4 hal, karena hartanya, karena kecantikannya, karena nasabnya. ( HR Muslim no 1466 )

3. Carilah Gadis atau perawan

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Jabir bin Abdillah Radhiallahu anhu ( artinya ) : ‘Mengapa engkau tidak menikahi gadis saja sehingga engkau dapat bermain-main dengannya dan ia pun bermain-main dengan-mu? ( H R Muslim no 715 )

4. Carilah Istri yang taat kepada suami dan cantik

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda ( artinya ) : wanita yang baik adalah wanita yang menyenangkan jika dipandang dan mentaati suami jika diperintah ( HR Ahmad no 7373)

Namun ada yang perlu diingat disini bahwa ketaatan istri pada suami hanya diperbolehkan pada hal-hal yang tidak bertentangan dengan hukum islam. Maka jika ada seorang istri diperintah oleh suami untuk membuka aurat dihadap lelaki lain yang bukan mahram haram bagi sang istri menuruti perintah suami

5. Carilah Istri yang Penyayang dan Subur

Abul Qasim Shallallahu alaihi wa sallam bersabda ( artinya ) :
Menikahlah kalian dengan wanita yang penyayang dan subur karena sesuangguhnya aku berbangga dengan banyaknya jumlah umatku diakhirat kelak ( HR Abu Daud no 2050 )

Sekian apa yang bisa disampaikan. Sengaja dibuat ringkas karena tujuannya hanya mengenalkan. Alhamdulillah aladzi bi ni’matihi tatimus shalihaat

Sumber 

Copyright © Pojok Cerita Cinta

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog